Home » , » Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Ketika Anda hendak bekerja dengan komputer Anda, tiba-tiba komputer tidak mau booting sama sekali. Padahal sesuatu yang akan Anda kerjakan di komputer tersebut merupakan hal yang sangat penting dan mendesak sekali. Tentu saja masalah semacam ini akan membuat Anda gusar dan marah. Namun begitu, ada baiknya jika Anda tidak terburu-buru menganggap komputer tersebut rusak dan membawanya ke tukang service komputer langganan.



Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan komputer tidak mau booting, dan sering dijumpai masalah semacam itu bukan disebabkan oleh karena ada kerusakan pada salah satu hardware, melainkan hanya karena ada salah satu komponen yang kurang kencang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mencoba mengenali gejala yang ditimbulkan saat komputer Anda tersebut dihidupkan. Siapa tahu Anda dapat memperbaiki komputer yang bermasalah tersebut tanpa harus membawanya ke tukang service komputer. Dengan demikian, Anda dapat menghemat uang dan waktu Anda, dan tentunya menambah ilmu juga.

Nah, untuk dapat memperbaiki komputer tidak mau booting, coba Anda kenali gejala berikut:

1 # Beep pendek satu kali pertanda bahwa komputer Anda normal dan layak digunakan. Itu artinya, komputer Anda tidak perlu perbaikan. Jika komputer Anda mau booting akan tetapi kemudian komputer kembali restart dengan sendirinya, maka itu lain lagi permasalahannya. 
2# Beep panjang satu kali pertanda ada masalah pada salah satu/ beberapa RAM (Random Access Memory). Untuk memperbaikinya, buka penutup kesing dibagian samping kemudian periksa semua RAM yang ada. Kencangkan RAM secara perlahan dengan menekan kedua ujung RAM dengan dua jari tangan Anda. 
3# Beep panjang sekali disusul beep pendek tiga kali pertanda ada masalah pada VGA (Video Graphics Accelerator) card. Hal ini bisa diakibatkan oleh karena ada kerusakan pada VGA, atau hanya karena VGA card terpasang tidak begitu kencang. Untuk memperbaikinya, coba Anda copot VGA card tersebut dari slotnya dan bersihkan bagian konektor, kemudian pasang kembali seperti semula. Apabila masalah komputer tidak mau booting masih tetap terjadi dengan gejala beep yang sama, maka dapat disimpulkan VGA card Anda benar-benar rusak dan perlu diganti dengan VGA card yang baru.

Sekian dulu cara mudah memperbaiki komputer tidak mau booting dilihat dari gejala yang ditimbulkan. Jika Ada pertanyaan seputar permasalahan komputer, jangan sungkan untuk bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibagian akhir tulisan. Jangan lupa, bagikan tips memperbaiki komputer tidak mau booting ini ke teman yang lain.

Semoga bermanfaat.
--
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS