Home » , » Memperbaiki Komputer Restart Sendiri

Memperbaiki Komputer Restart Sendiri

Masalah komputer sering terjadi secara tidak terduga saat komputer sedang digunakan, misalnya tiba-tiba komputer tidak mau booting saat hendak digunakan, atau justru komputer error saat sedang digunakan, seperti komputer hang atau komputer restart sendiri tanpa sebab yang jelas. Untuk itu, betapa pentingnya Anda kursus teknisi laptop dan belajar memperbaiki komputer. Maksudnya tidak lain agar apa bila suatu saat komputer Anda tiba-tiba error, maka Anda dapat memperbaikinya sendiri dirumah.



Penyebab Serta Cara Memperbaiki Komputer Restart Sendiri

Penyebab Serta Cara Mudah Memperbaiki Komputer Restart Sendiri

Penyebab Komputer Restart Sendiri

Masalah komputer restart sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa disebabkan oleh system error, bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada salah satu hardware.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer restart sendiri, hang, dan komputer tidak mau booting, serta cara memperbaikinya :

1 # Komputer Restart Sendiri Akibat Kabel Tidak Sinkron

Untuk mengetahui penyebab komputer restart sendiri, sebaiknya Anda memulai pengecekan dari hal yang paling mudah terlebih dahulu. Bisa jadi komputer sering restart sendiri hanya karena ada salah satu/ beberapa kabel yang kurang kencang. Biasanya kabel yang paling sering bermasalah di komputer yaitu kabel SATA/ IDE. Pastikan semua kabel-kabel komputer terpasang dengan erat, serta tidak ada sesuatu yang menghalanginya.

2 # Komputer Restart Sendiri Akibat Overheat

Komputer restart sendiri dapat disebabkan oleh karena komputer mengalami panas yang berlebihan/ overheat. Selain mengakibatkan komputer restart sendiri, overheat juga dapat menyebabkan komputer hang. Untuk mengetahui apakah komputer overheat atau tidak, Anda dapat melihatnya dipanel BIOS. Sedangkan overheat sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah :

  1. Kotoran/ debu
  2. Cooling fan lemah/ mati
  3. Penggunaan yang terlalu lama

3 # Komputer Restart Sendiri Akibat Bad Sector

Komputer restart sendiri dapat pula disebabkan oleh karena adanya bad sector di dalam hardisk sehingga system komputer tidak dapat berjalan secara maksimal yang pada akhirnya membuat komputer restart sendiri, atau bisa juga mengakibatkan komputer hang. Adapun bad sector salah satunya dapat terbentuk akibat komputer pernah mati mendadak tanpa shutdown sebelumnya, misalnya karena mati lampu atau tegangan listrik menurun. Adapun untuk dapat mengatasi masalah komputer restart sendiri akibat bad sector, perlu dilakukan scan disk dan kemudian dilakukan defragmenting.

4 # Komputer Restart Sendiri Akibat Power Supply Lemah

Power Supply Unit (PSU) adalah rangkaian elektronika yang berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk perangkat lainnya yang terdapat pada system komputer seperti RAM, VGA, hard disk, serta untuk perangkat lainnya. Secara normal, power supply akan menyalurkan daya listrik sesuai dengan daya yang dibutuhkan oleh masing-masing komponen yang terdapat didalam komputer. Akan tetapi, apabila power supply lemah/ rusak, maka ia tidak dapat menyalurkan daya listrik yang cukup untuk komponen tersebut. Akibatnya komputer restart sendiri, hang, atau bahkan komputer tidak mau booting sama sekali.

Power supply yang telah melemah/ drop sebaiknya diganti dengan yang baru. Namun begitu, Anda masih dapat memperbaikinya apa bila ternyata hanya ada beberapa komponen power supply saja yang mengalami kerusakan, misalnya kerusakan hanya ditemukan pada salah satu/ beberapa kapasitor atau dioda. Dengan demikian, Anda dapat menghemat uang karena baik harga kapasitor maupun dioda jauh lebih murah ketimbang harga Power Suppy Unit (PSU).

5 # Komputer Restart Sendiri Akibat RAM Putus

Komputer restart sendiri dapat juga disebabkan oleh karena ada salah satu RAM (Random Access Memori) yang putus. Bisa juga akibat kaki-kaki RAM kotor atau tidak terpasang dengan benar pada slotnya di motherboard. RAM putus atau tidak terpasang dengan benar pada umumnya akan ditandai dengan blue screen serta ada peringatan Dump Memory saat komputer startup, bahkan bisa jadi malah komputer hang atau komputer tidak mau booting sama sekali.

Mengatasi masalah komputer restart sendiri akibat RAM sangat mudah, yaitu dengan cara membersihkan kaki-kaki RAM dengan kain yang telah diberi cairan pembersih logam seperti Braso. Dan apa bila komputer masih tetap sering restart dengan sendirinya meski kaki-kaki RAM slot pada motherboard telah dibersihkan, maka kemungkinan besar RAM benar-benar putus dan harus diganti dengan yang baru.

6 # Komputer Restart Sendiri Akibat VGA Card Rusak

Selain karena RAM putus, sering pula komputer restart sendiri akibat VGA (Video Graphics Array) rusak. Sama halnya dengan RAM, kerusakan pada VGA card biasanya ditandai dengan blue screen atau komputer hang secara tiba-tiba. Sepengetahuan saya, sering dijumpai pula bahwa VGA card trouble akibat ada beberapa kapasitor yang telah lemah/ aus atau menggelembung. Jika demikian, maka VGA card masih dapat diperbaiki dengan mengganti sebagian/ keseluruhan kapasitor yang terdapat pada VGA.

7 # Komputer Restart Sendiri Akibat Motherboard Rusak

Motherboard rusak bisa menjadi penyebab komputer restart sendiri. Akan tetapi Anda jangan terburu-buru menggantinya dengan motherboard yang baru, karena sering ditemukan kerusakan motherboard yang masih dapat diperbaiki. Tidak jarang pula masalah komputer restart sendiri hanya dikarenakan ada beberapa kapasitor di motherboard yang telah melemah/ aus atau menggelembung, sama halnya seperti yang terjadi pada kapasitor yang terdapat di VGA card. Coba Anda ganti semua kapasitor yang terdapat di motherboad sesuai dengan spesifikasinya masing-masing.

Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak kerusakan yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri. Akan tetapi saya mohon maaf karena keterbatasan waktu, sehingga saya baru dapat menyertakan beberapa penyebab serta cara mengatasi komputer restart sendiri yang paling sering dijumpai. Insya Allah ke depannya saya akan membahasnya dengan lebih lengkap lagi.

Semoga Bermanfaat
--
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS