Pengertian TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK (Information and
Communication Technologies / ICT) adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi.
TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
1. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi.
2. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang
berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Dari dua pendefinisian sederhana di atas tampak bahwa teknologi
informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak
terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Ada tiga cara dalam menyampaikan informasi, yaitu :
1. Natural / Manusia
Penyampaian informasi secara Natural/ manusia ialah penyampaian informasi masih menggunakan tangan manusia. Misalnya:
a) Pada zaman purba
Biasanya berupa goresan – goresan atau gambar pada batu atau dinding goa.
b) Cina, Mesir, dan Romawi
Menggunakan alat seperti abacus atau suan pan dan jari tangan serta menggunakan media seperti lempung dan kertas.
2. Mekanis
Penyampaian informasi secara mekanis ialah Penyampaian informasi
dilakukan menggunakan peralatan yang berbentuk mekanik dan digerakkan
oleh tangan manusia. Misalnya :
a) Abad 18-19
b) Abad 19
Kartu Perforasi – Hollerith (1889)
3. Elektronis
Penyampaian informasi secara elektronis ialah penyampaian informasi
dilakukan menggunakan peralatan yang bekerja secara elektronik.
Misalnya: Komputer generasi I, II, III, IV, dst.
Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer
(baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi
komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi
tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga
awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum
terlihat titik jenuhnya.
Sejarah TIK
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini.
Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun
1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan
komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan
kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi Trans-Atlantik. Jaringan
telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia
untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah
transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama.
Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat.
Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang
berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama
beroperasi pada tahun 1943.
Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics)
pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan
cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang
Dingin. Persaingan IPTEK antara blok barat (Amerika Serikat) dan blok
timur (Uni Soviet) justru memacu perkembangan tekologi elektronika lewat
upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang
angkasa maupun mesin-mesin perang.
Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian
terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah
yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai
saat ini.
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital
mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai
terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya.
Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
Produk hasil konvergensi saat ini muncul dalam bentuk telepon
seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini
kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang
tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi
multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18
dicirikan oleh revolusi industri.
Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti
‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi
– komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital)
menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan
kemampuan) ‘otak’ manusia.
Perkembangan Internet Sebagai Bagian dari Sejarah TIK
Sebagai bagian dari sejarah TIK, internet sendiri mulai ada sejak
tahun 1969, pada masa ini internet hanya dipergunakan terbatas untuk
kepentingan militer USA yaitu melalui proyek ARPANET (advance research
project agency network). Angkatan darat USA mempraktekkan bagaimana
caranya berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan hardware dan
software komuter yang berbasis Unix.
Di Indonesia sendiri, internet baru mulai dikenal sekitar tahun
1990an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan
nama paguyuban network. Di saat tahun 1990an tersebut, pengguna internet
di Indonesia tidak sampai berjumlah ratusan apalagi ribuan seperti saat
ini.
Karena penggunanya masih sedikit, maka semangat kerjasama,
kekeluargaan dan gotong royong masih terasa di antara merekan. Sangat
berbeda dengan persaingan yang tumbuh tak terkendali di masa sekarang.
Pada tahun 1990-an itu sejarah TIK di Indonesia mencatat bahwa kita
masih tergantung pada jaringan internet yang digawangi oeh Inggris dan
Amerika Serikat. Namun lama-kelamaan putra-putra Indonesia telah
berhasil mempelajari teknologi internet sehingga pengaplikasiannya
menjadi lebih mudah dan tersebar di seluruh pelosok negeri.
Manfaat dari Perkembangan Sejarah TIK
1. Sumber Informasi Tercepat
2. Mencari bahan tambahan pelajaran untuk anak sekolah dan mahasiswa yang masih sekolah
3. Menjalin persahabatan
4. Memudahkan pekerjaan
Dampak Negatif dari Perkembangan Sejarah TIK
1. Adanya pemalsuan Identitas
2. Waspadai Adanya unsur penipuan
3. Hindari mengikuti milis, website atau permainan yang vulgar dan tidak mendidik.
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Definisi awal Teknologi Pendidikan dipandang sebagai media
Teknologi Pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam
mendesain, melaksanakan, dan mengealuasi proses keseluruhan dari belajar
dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik,
berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia
dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non
manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Definisi teknologi pendidikan pada awal tahun 1920 dipandang sebagai
media. Akar terbentuknya pandangan ini terjadi ketika pertama kali
diproduksi media pendidikan pada awal abad dua puluhan. Media ini,
sebagai media pembelajaran visual yang berupa film, gambar dan tampilan
yang mulai ramai pada tahun 1920. definisi formal pembelajaran visual
terfokus pada media yang digunakan untuk menampilkan sebuah pelajaran.
Pandangan ini berlanjut sampai 1950.
Tahun 1960 dan 1970 Teknologi Pendidikan diapandang sebagai suatu proses.
Awal tahun 1950, khususnya selama tahun 1960 dan 1970 sejumlah ahli
dalam bidang pendidikan mulai mendiskusiakan teknologi pendidikan dalam
suatu yang berbeda. Mereka membahasnya sebagai suatu proses. Contohnya
Finn (1960) mengatakan bahwa teknologi pendidikan harus dipandang
sebagai suatu cara untuk melihat masalah pendidikan dan mneguji
kemungkinan solusi dari masalah tersebut. Sedangkan Lumsdaine (1964)
mengatakan bahwa teknologi pendidikan dapat dijadikan aplikasi ilmu
pengetahuan pada praktek pendidikan. Pada tahun 1960an dan 1970 banayak
definisi teknologi pendidikan yang dipandang sebagai suatu proses.
Definisi 1963
Di tahun 1963, definisi teknologi pendidikan digambarkan bukan hanya
sebagai sebuah media. Definisi ini (Ey, 1963) menghasilkan dengan suatu
komisi pengawas yang dibentuk olep Departemen Pendidikan Audiovisual
(sekarang dikenal sebagai Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan).
Hal ini merupakan suatu hal yang berangkat dari pandangan “tradisional”
terhadap teknologi pendidikan. Definisi kini lebih memusat pada desain
pembelajaran dan penggunaan media sebagai pengendalian proses belajar
(p. 38). Lebih dari itu pengertian kini lebih menganali serangkaian
langkah-langkah penerapan, perancangan, dan penggunaan. Langkah-langkah
ini mencakup perencanaan, produksi, pemilihan, pemanfaatan, dan
manajemen. Perubahan disini mencerminkan bahwa, bagaimana lingkungan dan
kemajuan zaman dapat mengubah sebuah definisi dan praktek dari
teknologi pendidikan.
Definisi 1970
Definisi selanjutnya merupakan definisi tahun 1970-an yang
dikeluarkan oleh Komisi Pengawas Teknologi Pendidikan. Komisi pengawas
ini dibentuk dan dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menguji
permasalahan dan manfaat potensial yang berhubungan dengan teknologi
pendidikan di sekolah-sekolah.
Teknologi pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam
mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari
belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik,
berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia
dan mengunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non
manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Jadi menurut konsep ini tujuan utama teknologi pembelajaran adalah
membuat agar suatu pembelajaran lebih efektif. Bagaimana hal itu
dilakukan? Dengan cara mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi secara
sistematis berdasarkan teori komunikasi dan belajar tentunya, serta
memanfaatkan segala sumber baik yang bersifat manusia maupun non
manusia, dengan demikian, sejak tahun 1970an, sudah ada pandangan bahwa
manusia (dalam hal ini guru) bukanlah satu-satunya sumber belajar.
Definisi 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegerasi
meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk
menganalisa masalah dan merancang. Melaksanakan, menilai dan mengelola
pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
Definisi 1994
Teknologi instruksional adalah praktek dalam mendesain,
mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan menilai proses-proses maupun
sumber-sumber balajar.
Definisi ini lebih operasional dari pada rumusan tahun 1977 yang
terlalu rumit, definisi ini menegaskan bahwa adanya lima dominant
teknologi pembelajaran, yaitu kawasan desain, kawasan pengemabangan,
kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan, dan kawasan penilaian baik
untuk proses maupun sumber belajar, seorang teknolog pembelajaran bias
saja memfokuskan bidang garapannya dalam salah satu kawasan tersebut.
Definisi baru : menyatakan peran media, desain pembelajaran sistematis, dan pendayagunaan teknologi.
Bidang teknologi dan desain pembelajaran mencakup analisis
pembelajaran dan pencapaian masalah serta rancangan, pengembangan,
pemanfaatan, evaluasi, manajemen, pembeljaaran, proses non pembelajaran
untuk meningkatkan pencapaian pelajaran dalam berbagai peraturan, bidang
pendidikan dan tempat kerja.
Para ahli bidang desain pembelajaran dan teknologi sering menggunakan
prosedur desain pembelajaran yang sistematis dari berbagai media
pembelajaran untuk menyelesaikan tujuan mereka.
Definisi ini menggaris bawahi dua praktek yaitu penggunaan media
untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang
sistematis.
Mengapa kita menyebutnya desain pembelajaran dan teknologi ?
Definisi berbeda dari yang sebelumnya. Lebih mengacu pada bidang
desain pembelajaran dan teknologi dibandingkan dengan teknologi
pembeljaaran. Mengapa kebanyakan individu menggambarkan istilah
teknologi pembelajaran dengan komputer, video, OHP, dan segala jenis
hardware dan software lainnya yang berhubungan dengan media
pembelajaran. Dengan kata lain banyak individu yang menyamakan teknologi
pembelajaran dengan desain pembelajaran. Praktek desain pembelajaran
sudah meletus sehingga banyak digunakan oleh individu yang menyebut diri
mereka perancang pembelajaran.
Sumber-sumber
http://www.anneahira.com/sejarah-tik.htm
--
Sejarah TIK cukup panjang. Dimulai dari temuan telepon, terwujudnya transmisi suara dan audio-visual tanpa kabel, penemuan miniaturisasi komponen elektronika dan perkembangan perangkat telekomunikasi digital yang berkonvergensi dengan perangkat komputer menciptakan mesin-mesin pengganti otak manusia.
ReplyDeleteTIK dalam pendidikan mengalami perkembangan pandangan seiring berkembangnya teknologi. Pada awal mulanya, TIK dipandang sebagai media kemudian berlanjut sebagai suatu proses. Sebelum definisi baru muncul, teknologi pendidikan dipandang sebagai proses kompleks yang terintegerasi. Definisi baru muncul menyatakan peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi yang pada akhirnya menyebutkan desain pembelajaran dan teknologi.
Dari 2 presentasi kelompok terdahulu dapat disimpulkan bahwa perkembangan TIK mempunyai sejarah yang cukup panjang. TIK, sains dan pendidikan saling berkaitan sebab sains berfungsi sebagai dasar teknologi. Oleh karenanya, teknologi dalam pendidikan terus mengalami perubahan definisi pandangan seiring dengan perkembangan teknologi.
A410120176
Assalamualaikum Wr.Wb
ReplyDeleteTIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan , manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dimana kedua aspek tersebut saling berhubungan dan tidak dapat terpisahkan. Tonggak perkembangan teknologi yang pertama yaitu temuan telepon - transmisi suara tanpa kabel melalui radio AM audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi transistor rangkaian terpadu mikroprosesor (otak perangkat keras komputer).
Teknologi Pendidikan suatu cara sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dari belajar dan pembelajaran. Definisi teknologi pendidikan :
Tahun 1920 teknologi pendidikan dipandang sebagi media.
Tahun 1960 dan 1970 teknologi pendidikan dipandang sebagai proses.
Tahun 1977 teknologi pendidikan dipandang sebagai proses yang kompleks.
Tahun 1994 teknologi intruksional adalah praktek dalam mendesain dan mengelola proses maupun sumber belajar.
Pendapat dari kedua kelompok saling melengkapi. Dimana pada kelompok pertama membahas mengenai Dua aspek TIK dan cara-cara dalam menyampaikan informasi serta hubungan antara teknologi dan pendidikan, yang ditandai dengan terciptanya kalkulator. Dijelaskan juga hubungan antara science dan teknologi. Sedangkan pada kelompok kedua dijelaskan temuan-temuan perkembangan teknologi yang bermula dari ditemukannya telepon sampai mikroprosesor yang hingga saat ini masih terus dikembangkan. Selain itu, juga menjelaskan tentang perekembangan definisi teknologi pendidikan dari tahun ke tahun.
A410120166
Assalamualaikum wr wb
ReplyDeleteSaya berpendapat bahwaTIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang saling berhubungan.TIK tercipta mulai ditemuankannya telepon,kemudian terwujudnya transmisi suara dan audio-visual tanpa kabel, penemuan miniaturisasi komponen elektronika dan perkembangan perangkat telekomunikasi digital yang berkonvergensi dengan perangkat komputer menciptakan mesin-mesin pengganti otak manusia
Kemudian Teknologi pendidikan merupakan cara yang sistematis dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang spesifik berdasarkan kombinasi sumber daya manusia dan non-manusia. Untuk lebih mengefektifkannya digunakan pendekatan sistem (pendekatan yang holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial).
(A410120157)
Sejarah perkembangan TIK sangat panjang , mengalami berbagai penemuan, perubahan dan perkembangan sampai saat ini. Perkembangan TIK dimulai dari penemuan telepon, jaringan komunikasi dengan kabel yang berlanjut transmisi suara tanpa kabel , lalu penemuan miniaturisasi komponen elektonika yang melahirkan mikroposesor yang berevolusi sampai saat ini.
ReplyDeleteTeknologi pendidikan awalnya dipandang sebagai media, lalu dipandang sebagai suatu proses. Lambat laun juga dipandang sebagai cara sistematis untuk membuat pembelajaran lebih efektif, sumber belajar selain guru serta suatu proses kompleks yang berintegrasi. Kemudian muncul definisi baru tentang teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi.
Pendapat dari kedua kelompok yang presentasi saling melengkapi dan dapat disimpulkan bahwa perkembangan TIK sangat panjang. Selain itu TIK, SAINS dan Pendidikan saling berkaitan dan berpengaruh.
A410120160
a.Teknologi Infirmasi dan Komunikasi
ReplyDeleteTeknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi.
Adanya perkembangan TIK yang menjadi jembatan ilmu. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Saat ini tren penggunaan e- yang berarti elektronik bermunculan. Seperti e-education,e-government, e-learning dan lain sebagainya.
b. Teknologi Pendidikan
Teknologi pendidikan sebagai media yang lahir dari revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan instruksional di samping penggunaan buku teks dan papan tulis.
Teknologi Pendidikan merupakan studi dan praktik etis dalam memfasilitasi serta meningkatkan performa (penampilan) belajar dengan cara menciptakan, menggunakan dan mengatur proses serta sumber tekonologi yang tepat.Teknologi pendidikan merupakan sistem yang terintegrasi dan tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya, karena jika salah satu subsistem tidak berjalan dengan baik maka akan mengganggu sistem secara keseluruhan.
Mutu atau kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan itu sendiri, dan perlu diperhatikan bahwa kualitas pendidikan tidak hanya dihasilkan dari input yang baik melainkan input yang baik tersebut harus dikelola atau diproses dengan baik pula sehingga output yang dihasilkan memiliki mutu yang baik.Teknologi pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik pada pendidikan di Indonesia khususnya, karena dengan penerapan teknologi pendidikan secara tepat maka diharapkan dapat meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan itu sendiri.
Wujud nyata dari teknologi pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan sudah cukup banyak, salah satu yang telah dilakukan ialah manajemen berbasis sekolah, terciptanya strategi, metode dan model pembelajaran yang beragam sehingga meningkatkan kreatifitas peserta didik untuk terus melakukan yang terbaik dalam proses pembelajaran.
(A410120178)
Perkembangan TIK sudah dimulai sejak dahulu, saat inipun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dimulai dari temuan telepon, terwujudnya transmisi suara dan audio-visual tanpa kabel, penemuan miniaturisasi komponen elektronika dan perkembangan perangkat telekomunikasi digital yang berkonvergensi dengan perangkat komputer menciptakan mesin-mesin pengganti otak manusia. Saat ini tren penggunaan e- yang berarti elektronik bermunculan. Seperti e-education,e-government, e-learning dan lain sebagainya.
ReplyDeleteTeknologi pendidikan merupakan cara yang sistematis dalam merancang,dan menerapkan seluruh proses kegiatan belajar mengajar.
Pendapat dari kedua kelompok saling melengkapi. Kelompok pertama membahas tentang TIK dan hubungan antara teknologi dan pendidikan. Juga dijelaskan hubungan antara science dan teknologi. Sedangkan pada kelompok kedua menjelaskan tentang temuan-temuan perkembangan teknologi yang bermula dari ditemukannya telepon sampai mikroprosesor yang hingga saat ini masih terus dikembangkan.
A410120170
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media. TIK sendiri terdiri dari dua aspek yang tidak dapat dipisahkan, yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi.
ReplyDeleteJika kita menilik kembali sejarah perkembangan TIK yang sangat panjang, yang diawali dari penemuan telepon pertama kali oleh Alexander Graham Bell, kemudian terwujudnya transmisi suara tanpa kabel melalui radio AM, yang selanjutnya penemuan transisitor dan rangkaian terpadu, hingga akhirnya melahirkan mikroprosesor yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer. Sangatlah wajar jika TIK dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai hal. Hal ini dikarenakan TIK dapat mempermudah kegiatan sehari-hari manusia dalam beraktivitas.
Salah satu contoh bagian dari sejarah TIK yang saat ini digunakan manusia adalah internet. Internet sangat membantu manusia dalam bekerja. Misalnya, sekarang manusia dapat berkirim surat melalui surat elektronik, atau yang sering di sebut dengan e-mail. Tanpa harus pergi ke kantor pos, surat elektronik bisa sampai pada tujuannya dengan waktu yang relatif singkat. Dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat manusia lakukan dengan adanya TIK.
Ada TIK. Ada pula Teknologi Pendidikan. Teknologi pendidikan adalah suatu cara yang yang digunakan dalam sistematika proses pembelajaran, yang meliputi desain, evaluasi hingga pengawasan dalam sistem pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pembelajaran.
Sekarang TIK mulai banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Seperti absensi yang menggunakan sidik jari, yang bertujuan untuk mendisiplinkan siswa agar tidak telat masuk sekolah. Dan masih banyak lagi manfaat TIK lainnya dalam pendidikan.
Saya senang dengan pendapat kedua kelompok tersebut. Karena kedua kelompok saling melengkapi. Hanya saja, lebih baik lagi jika dicantumkan manfaat TIK dalam bidang pendidikan, karena pembahasan kita mengarah pada bidang pendidikan. Agar kita semua tahu tentang TIK dan penerapannya secara langsung dalam bidang pendidikan.
(A410120071)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media. TIK sendiri terdiri dari dua aspek yang tidak dapat dipisahkan, yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi.
ReplyDeleteJika kita menilik kembali sejarah perkembangan TIK yang sangat panjang, yang diawali dari penemuan telepon pertama kali oleh Alexander Graham Bell, kemudian terwujudnya transmisi suara tanpa kabel melalui radio AM, yang selanjutnya penemuan transisitor dan rangkaian terpadu, hingga akhirnya melahirkan mikroprosesor yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer. Sangatlah wajar jika TIK dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai hal. Hal ini dikarenakan TIK dapat mempermudah kegiatan sehari-hari manusia dalam beraktivitas.
Salah satu contoh bagian dari sejarah TIK yang saat ini digunakan manusia adalah internet. Internet sangat membantu manusia dalam bekerja. Misalnya, sekarang manusia dapat berkirim surat melalui surat elektronik, atau yang sering di sebut dengan e-mail. Tanpa harus pergi ke kantor pos, surat elektronik bisa sampai pada tujuannya dengan waktu yang relatif singkat. Dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat manusia lakukan dengan adanya TIK.
Ada TIK. Ada pula Teknologi Pendidikan. Teknologi pendidikan adalah suatu cara yang yang digunakan dalam sistematika proses pembelajaran, yang meliputi desain, evaluasi hingga pengawasan dalam sistem pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pembelajaran.
Sekarang TIK mulai banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Seperti absensi yang menggunakan sidik jari, yang bertujuan untuk mendisiplinkan siswa agar tidak telat masuk sekolah. Dan masih banyak lagi manfaat TIK lainnya dalam pendidikan.
Saya senang dengan pendapat kedua kelompok tersebut. Karena kedua kelompok saling melengkapi. Hanya saja, lebih baik lagi jika dicantumkan manfaat TIK dalam bidang pendidikan, karena pembahasan kita mengarah pada bidang pendidikan. Agar kita semua tahu tentang TIK dan penerapannya secara langsung dalam bidang pendidikan.
(A410120071)
Sejarah TIK diawali dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell, dari penemuan tersebut berkembanglah ke penemuan-penemuan lainnya yang pada puncaknya melahirkan mikroprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.
ReplyDeletePerkembangan teknologi pendidikan
teknologi pendidikan awalnya hanya dipandang sebagai media, kemudian seiring perkembangan jaman pengertian teknologi pendidikan mengalami berbagai perubahan dan perkembangan sampai munculah definisi baru bahwa teknologi pendidikan sebagai media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi. Teknologi dan pendidikan adalah dua hal yang saling berkaitan. Dari teknologi sebuah pendidikan dapat menjadi lebih maju dan berkembang. Saat ini sebuah pengetahuan yang merupakan bagian dari pendidikan dapat dengan mudah di akses dan diketahui oleh siapa saja, dimana saja melalui kemajuan teknologi yang bernama internet. Teknologi pendidikan sebagai teori dan praktik secara faktual telah menjadi bagian integral dalam upaya pengembangan sumber daya manusia khususnya sistem pendidikan dan pelatihan.
A410120239
assalamu'alaikum wr.wb
ReplyDeletePerkembangan TIK dari zaman prasejarah hingga sekarang mengalami kemajuan sesuai kebutuhan manusia. TIK dibagi menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Pada teknologi informasi ini mulanya hanya berupa tulisan dan simbol di dinding goa kemudian berkembang melalui elektronik. Pada teknologi komunikasi ini bermula dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell kemudian transmisi suara melalui radio dan audio visual tanpa kabel, serta terciptanya komputer generasi pertama hingga sekarang. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, generasi kedua berkembang lebih kecil dan hemat sudah menggunakan transistor, generasi ketiga menggunakan IC, dan generasi keempat menggunakan PC, akhirnya generasi selanjutnya tercipta mikrokomputer.
Hubungan TIK dengan pendidikan memiliki keterkaitan. TIK merupakan media maupun sumber di dunia pendidikan.Dengan adanya TIK memudahkan pendidikan dalam mencari informasi dan melakukan komunikasi secara global. Misalnya saja adanya e-learning memudahkan seseorang belajar melalui jarak jauh sehingga tidak perlu melakukan tatap muka. Contoh lain yaitu adanya internet, memudahkan seseorang mencari informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui pendidikan kita dapat mengembangkan TIK lebih maju lagi. Dapat disimpulkan bahwa TIK mempengaruhi berkembangnya pendidikan, begitu juga sebaliknya.
Komentar mengenai dari 2 kelompok pada pertemuan sebelumnya sudah bagus. Pada kelompok pertama menjelaskan mengenai sejarah tik dan hubungan tik dengan pendidikan ditambah sains secara ringkas. Kelompok dua kemudian melengkapi pada hubungan tik dengan pendidikan.
(A410120138)
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan informasi, serta alat bantu untuk mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Sejarah perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) itu sendiri sudah berlangsung sejak lama. Dimulai dari temuan telepon (1875), kemudian berkembang dan terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM (1910-1920),diikuti transmisi audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi (1940-an),penemuan transistor (1947), dan rangkaian terpadu (1957), hingga pada puncaknya melahirkan microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer. Dan masih akan terus berkembang sesuai perkembangan jaman.
ReplyDeleteTeknologi pendidikan pada awalnya dipandang sebagai media, yang kemudian mulai dipandang sebagai proses. Teknologi pendidikan merupakan cara sistematis untuk merancang, menerapkan, dan mengevaluasi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga teknologi bermanfaat bagi pendidikan.
Pendapat dari kedua kelompok sudah saling melengkapi, membahas tentang sejarah TIK yang dimulai dari banyaknya penemuan-penemuan serta dibahas juga hubungan antara TIK, sains, dan pendidikan.
(A410120171)
Assalamualaikum Wr Wb
ReplyDeleteTIK merupakan sebuah jaringan penghubung antara manusia satu dengan manusia yang lain, dan memiliki hubungan yang erat dengan sains dan teknologi. Dari keduanya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Di zaman sekarang ini semua orang bergantung dengan teknologi dapat diamati bahwa sebagian besar orang memiliki handphone lebih-lebih smartphone. karena dengan itulah mereka dapat berkomunikasi yang hampir selama seharian bekerja dikantor, dikampus atau yang lain. menurut saya TIK memiliki sejarah yang cukup panjang dan mulai dari nol. diawal diciptakan oleh Alexander Graham Bell yang menemukan telefon yang kemudian berkembang hingga menjadi sebuah telefon yang lengkap dengan fitur-fitur menjanjikan. Dan bahkan teknologi ini digunakan oleh negara-negara besar untuk melindungi aset negara, dokumen negara yang penting. Dapat dikatakan manusia sangat bergantung dengan TIK.
Dari presentasi yang telah dikemukakan di awal dari kedua kelomok telah smemberikan pendapat bahwa TIK sangat berguna bagi kehidupan dan dari keduanya memberikan pendapat yang lengkap. Saya sebagai kelompok kedua yang telah presentasi kemarin mengharapkan ada generasi-generasi dari Negara yang sangat besar ini dapat turut andil dalam perkembangan teknologi masa kini.
A40120218
Assalamualaikum Wr Wb
ReplyDeleteTIK merupakan sebuah jaringan penghubung antara manusia satu dengan manusia yang lain, dan memiliki hubungan yang erat dengan sains dan teknologi. Dari keduanya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Di zaman sekarang ini semua orang bergantung dengan teknologi dapat diamati bahwa sebagian besar orang memiliki handphone lebih-lebih smartphone. karena dengan itulah mereka dapat berkomunikasi yang hampir selama seharian bekerja dikantor, dikampus atau yang lain. menurut saya TIK memiliki sejarah yang cukup panjang dan mulai dari nol. diawal diciptakan oleh Alexander Graham Bell yang menemukan telefon yang kemudian berkembang hingga menjadi sebuah telefon yang lengkap dengan fitur-fitur menjanjikan. Dan bahkan teknologi ini digunakan oleh negara-negara besar untuk melindungi aset negara, dokumen negara yang penting. Dapat dikatakan manusia sangat bergantung dengan TIK.
Dari presentasi yang telah dikemukakan di awal dari kedua kelomok telah smemberikan pendapat bahwa TIK sangat berguna bagi kehidupan dan dari keduanya memberikan pendapat yang lengkap. Saya sebagai kelompok kedua yang telah presentasi kemarin mengharapkan ada generasi-generasi dari Negara yang sangat besar ini dapat turut andil dalam perkembangan teknologi masa kini.
A40120218
Assalamualaikum Wr Wb
ReplyDeleteTIK merupakan sebuah jaringan penghubung antara manusia satu dengan manusia yang lain, dan memiliki hubungan yang erat dengan sains dan teknologi. Dari keduanya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Di zaman sekarang ini semua orang bergantung dengan teknologi dapat diamati bahwa sebagian besar orang memiliki handphone lebih-lebih smartphone. karena dengan itulah mereka dapat berkomunikasi yang hampir selama seharian bekerja dikantor, dikampus atau yang lain. menurut saya TIK memiliki sejarah yang cukup panjang dan mulai dari nol. diawal diciptakan oleh Alexander Graham Bell yang menemukan telefon yang kemudian berkembang hingga menjadi sebuah telefon yang lengkap dengan fitur-fitur menjanjikan. Dan bahkan teknologi ini digunakan oleh negara-negara besar untuk melindungi aset negara, dokumen negara yang penting. Dapat dikatakan manusia sangat bergantung dengan TIK.
Dari presentasi yang telah dikemukakan di awal dari kedua kelomok telah smemberikan pendapat bahwa TIK sangat berguna bagi kehidupan dan dari keduanya memberikan pendapat yang lengkap. Saya sebagai kelompok kedua yang telah presentasi kemarin mengharapkan ada generasi-generasi dari Negara yang sangat besar ini dapat turut andil dalam perkembangan teknologi masa kini.
A40120218
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteAssalamualaikum Wr Wb
ReplyDeleteTIK merupakan sebuah jaringan penghubung antara manusia satu dengan manusia yang lain, dan memiliki hubungan yang erat dengan sains dan teknologi. Dari keduanya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Di zaman sekarang ini semua orang bergantung dengan teknologi dapat diamati bahwa sebagian besar orang memiliki handphone lebih-lebih smartphone. karena dengan itulah mereka dapat berkomunikasi yang hampir selama seharian bekerja dikantor, dikampus atau yang lain. menurut saya TIK memiliki sejarah yang cukup panjang dan mulai dari nol. diawal diciptakan oleh Alexander Graham Bell yang menemukan telefon yang kemudian berkembang hingga menjadi sebuah telefon yang lengkap dengan fitur-fitur menjanjikan. Dan bahkan teknologi ini digunakan oleh negara-negara besar untuk melindungi aset negara, dokumen negara yang penting. Dapat dikatakan manusia sangat bergantung dengan TIK.
Dari presentasi yang telah dikemukakan di awal dari kedua kelomok telah smemberikan pendapat bahwa TIK sangat berguna bagi kehidupan dan dari keduanya memberikan pendapat yang lengkap. Saya sebagai kelompok kedua yang telah presentasi kemarin mengharapkan ada generasi-generasi dari Negara yang sangat besar ini dapat turut andil dalam perkembangan teknologi masa kini.
A410120218
a. Teknologi informasi dan komunikasi menurut saya adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, pengelolaan informasi , manipulasi, dan penggunaan sebagai alat bantu yang berfungsi untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
ReplyDeleteb. Teknologi Pendidikan awalnya dipandang sebagai media, lalu dipandang sebagai suatu proses. Lambat laun juga dipandang sebagai cara sistematis untuk membuat pembelajaran lebih efektif, sumber belajar selain guru serta suatu proses kompleks yang berintegrasi. Kemudian muncul definisi baru tentang teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi.Definisi ini menggaris bawahi dua praktek yaitu penggunaan media untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang sistematis.
A410120158
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut saya adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, pengelolaan informasi, manipulasi, penggunaan alat bantu yang berfungsi untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
ReplyDeleteb. Teknologi Pendidikan merupakan cara yang sistematis dalam merancang,dan menerapkan seluruh proses kegiatan belajar mengajar. Teknologi pendidikan awalnya dipandang sebagai media, lalu dipandang sebagai suatu proses. Lambat laun juga dipandang sebagai cara sistematis untuk membuat pembelajaran lebih efektif, sumber belajar selain guru serta suatu proses kompleks yang berintegrasi. Kemudian muncul definisi baru tentang teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi. Definisi ini menggaris bawahi dua praktek yaitu penggunaan media untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang sistematis.
A410120158
TIK dibagi menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dari zaman prasejarah sampai sekarang TIK mengalami suatu kemajuan yang baik. Pada teknologi informasi awalnya secara manual berupa tulisan atau simbol yang ditulis di dinding goa kemudian berkembang dengan adanya informasi melalui elektronika. Pada teknologi komunikasi dimulai dari temuan telepon berkembang dengan adanya transmisi suara melalui radio dan audiovisual tanpa kabel. Pada akhirnya tercipta sebuah komputer oleh Charles Babbage. Komputer tersebut berkembang dari generasi satu sampai sekarang. Dari zaman ke zaman komputer menjadi semakin mini.
ReplyDeletePerkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Pemanfaatan TIK secara maksimal dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi dalam pembelajaran. TIK merupakan media maupun sumber di dunia pendidikan. Dengan adanya TIK dapat memudahkan kita dalam memperoleh informasi secara global. Contohnya siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber melalui internet. Selain itu ada juga e-learning yang memudahkan siswa dan guru dalam belajar melalui jarak jauh, sehingga tidak perlu melakukan tatap muka.
Komentar mengenai kedua kelompok pada pertemuan sebelumnya sudah bagus. Kelompok pertama menerangkan mengenai sejarah tik sampai terciptanya komputer dan hubungan TIK, pendidikan, serta sains secara ringkas. Kemudian kelompok kedua melengkapinya pada hubungan tik dan pendidikan secara lebih tepat. Dapat disimpulkan bahwa sejarah TIK dari zaman dahulu sampai sekarang mengalami kemajuan lebih baik dan hubungan TIK dengan pendidikan memiliki keterkaitan satu sama lain.
NIM (A410120138)
TIK dibagi menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dari zaman prasejarah sampai sekarang TIK mengalami suatu kemajuan yang baik. Pada teknologi informasi awalnya secara manual berupa tulisan atau simbol yang ditulis di dinding goa kemudian berkembang dengan adanya informasi melalui elektronika. Pada teknologi komunikasi dimulai dari temuan telepon berkembang dengan adanya transmisi suara melalui radio dan audiovisual tanpa kabel. Pada akhirnya tercipta sebuah komputer oleh Charles Babbage. Komputer tersebut berkembang dari generasi satu sampai sekarang. Dari zaman ke zaman komputer menjadi semakin mini.
ReplyDeletePerkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Pemanfaatan TIK secara maksimal dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi dalam pembelajaran. TIK merupakan media maupun sumber di dunia pendidikan. Dengan adanya TIK dapat memudahkan kita dalam memperoleh informasi secara global. Contohnya siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber melalui internet. Selain itu ada juga e-learning yang memudahkan siswa dan guru dalam belajar melalui jarak jauh, sehingga tidak perlu melakukan tatap muka.
Komentar mengenai kedua kelompok pada pertemuan sebelumnya sudah bagus. Kelompok pertama menerangkan mengenai sejarah tik sampai terciptanya komputer dan hubungan TIK, pendidikan, serta sains secara ringkas. Kemudian kelompok kedua melengkapinya pada hubungan tik dan pendidikan secara lebih tepat. Dapat disimpulkan bahwa sejarah TIK dari zaman dahulu sampai sekarang mengalami kemajuan lebih baik dan hubungan TIK dengan pendidikan memiliki keterkaitan satu sama lain.
NIM (A410120138)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan seperangkat peralatan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada user (personal atau kelompok). Hingga abad ke-20 ini TIK telah banyak mengalami perkembangan, bisa dikatakan di era ini TIK telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Jika kita flash back kebelakang, temuan telepon oleh Alexander Geraham Bell yang masih menggunakan kabel dan menghabiskan banyak ruang seiring berjalannya waktu berubah menjadi teknologi nirkabel yang canggih yaitu handphone yang bisa dimasukkan ke dalam saku, dan tentunya hal tersebut telah melewati proses yang begitu panjang.
ReplyDeleteJika berbicara tentang perkembangan TIK, tentunya hal tersebut tidak lepas dari SAINS. SAINS memberika andil yang cukup besar dalam perkembangan TIK. SAINS, Pendidikan, dan Teknologi merupakan sebuah sistem yang terpadu. Jika pada tahun 1960 dan 1970 Teknologi Pendidikan dipandang sebagai suatu proses, dan seiring berjalannya waktu Teknologi Pendidikan merupakan tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi.
(A410120135)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan seperangkat peralatan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada user (personal atau kelompok). Hingga abad ke-20 ini TIK telah banyak mengalami perkembangan, bisa dikatakan di era ini TIK telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Jika kita flash back kebelakang, temuan telepon oleh Alexander Geraham Bell yang masih menggunakan kabel dan menghabiskan banyak ruang seiring berjalannya waktu berubah menjadi teknologi nirkabel yang canggih yaitu handphone yang bisa dimasukkan ke dalam saku, dan tentunya hal tersebut telah melewati proses yang begitu panjang.
ReplyDeleteJika berbicara tentang perkembangan TIK, tentunya hal tersebut tidak lepas dari SAINS. SAINS memberika andil yang cukup besar dalam perkembangan TIK. SAINS, Pendidikan, dan Teknologi merupakan sebuah sistem yang terpadu. Jika pada tahun 1960 dan 1970 Teknologi Pendidikan dipandang sebagai suatu proses, dan seiring berjalannya waktu Teknologi Pendidikan merupakan tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi.
(A410120135)
Menurut saya:
ReplyDeleteTIK adalah sebuah teknologi atau media yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah, membagikan, menyampaikan data atau informasi serta mampu digunakan untuk berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah.
Teknologi Pendidikan adalah teknologi atau media yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar, dengan tujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
A410120238
Menurut saya:
ReplyDeleteTIK adalah sebuah teknologi atau media yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah, membagikan, menyampaikan data atau informasi serta mampu digunakan untuk berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah.
Teknologi Pendidikan adalah teknologi atau media yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar, dengan tujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
A410120238
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut saya adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, pengelolaan informasi, manipulasi, penggunaan alat bantu yang berfungsi untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
ReplyDeleteb. Teknologi Pendidikan merupakan cara yang sistematis dalam merancang,dan menerapkan seluruh proses kegiatan belajar mengajar. Teknologi pendidikan awalnya dipandang sebagai media, lalu dipandang sebagai suatu proses. Lambat laun juga dipandang sebagai cara sistematis untuk membuat pembelajaran lebih efektif, sumber belajar selain guru serta suatu proses kompleks yang berintegrasi. Kemudian muncul definisi baru tentang teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi. Definisi ini menggaris bawahi dua praktek yaitu penggunaan media untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang sistematis.
A410120158
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut saya adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, pengelolaan informasi, manipulasi, penggunaan alat bantu yang berfungsi untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
ReplyDeleteb. Teknologi Pendidikan merupakan cara yang sistematis dalam merancang,dan menerapkan seluruh proses kegiatan belajar mengajar. Teknologi pendidikan awalnya dipandang sebagai media, lalu dipandang sebagai suatu proses. Lambat laun juga dipandang sebagai cara sistematis untuk membuat pembelajaran lebih efektif, sumber belajar selain guru serta suatu proses kompleks yang berintegrasi. Kemudian muncul definisi baru tentang teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis dan pendayagunaan teknologi. Definisi ini menggaris bawahi dua praktek yaitu penggunaan media untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang sistematis.
A410120158
ReplyDeleteEdit Anonymous said...
Menurut saya:
TIK adalah sebuah teknologi atau media yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah, membagikan, menyampaikan data atau informasi serta mampu digunakan untuk berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah.
Teknologi Pendidikan adalah teknologi atau media yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar, dengan tujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
A410120238
Menurut saya:
ReplyDeleteTIK adalah sebuah teknologi atau media yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah, membagikan, menyampaikan data atau informasi serta mampu digunakan untuk berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah.
Teknologi Pendidikan adalah teknologi atau media yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar, dengan tujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
A410120238
Sejarah TIK pertama kali menemukan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Jaringan telepon merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Pada abad ke-20 (tahun1910-1920) pertama terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM. Kemudian berkembang dengan pesat. Pada abad ke-21, konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia yang menjadi ciri pada abad ini.
ReplyDeleteDefinisi teknologi pendidikan berawal pada tahun 1920 dipandang sebagai media, media disini sebagai media pembelajaran visual yang berupa film, gambar dan tampilan kemudian terus berkembang hingga tahun 1950. Definisi teknologi pendidikan terus berkembang dari tahun 1960 hingga tahun 1994, yang mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai peran media, desain pembelajaran sistematis, dan pendayagunaan teknologi.
A410120231
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
ReplyDeleteSemua berawal dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 dan kemudian teknologi lainnya mulai berkembang. pada puncaknya lahirlah microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai sekarang.
Definisi Teknologi pendidikan seiring perkembangan jaman pun terus berubah ubah tetapi intinya tetap sama untuk menerangkan dan menerapkan proses belajar mengajar.
Sehubungan dengan pendapat dua kelompok kemarin, bahwa TIK dengan teknologi dan pendidikan saling berhubungan. Dan ketiganya berkembang seiring waktu.
A410120181
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
ReplyDeleteSemua berawal dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 dan kemudian teknologi lainnya mulai berkembang. pada puncaknya lahirlah microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai sekarang.
Definisi Teknologi pendidikan seiring perkembangan jaman pun terus berubah ubah tetapi intinya tetap sama untuk menerangkan dan menerapkan proses belajar mengajar.
Sehubungan dengan pendapat dua kelompok kemarin, bahwa TIK dengan teknologi dan pendidikan saling berhubungan. Dan ketiganya berkembang seiring waktu.
A410120181
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
ReplyDeleteSemua berawal dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 dan kemudian teknologi lainnya mulai berkembang. pada puncaknya lahirlah microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai sekarang.
Definisi Teknologi pendidikan seiring perkembangan jaman pun terus berubah ubah tetapi intinya tetap sama untuk menerangkan dan menerapkan proses belajar mengajar.
Sehubungan dengan pendapat dua kelompok kemarin, bahwa TIK dengan teknologi dan pendidikan saling berhubungan. Dan ketiganya berkembang seiring waktu.
A410120181
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
ReplyDeleteSemua berawal dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 dan kemudian teknologi lainnya mulai berkembang. pada puncaknya lahirlah microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai sekarang.
Definisi Teknologi pendidikan seiring perkembangan jaman pun terus berubah ubah tetapi intinya tetap sama untuk menerangkan dan menerapkan proses belajar mengajar.
Sehubungan dengan pendapat dua kelompok kemarin, bahwa TIK dengan teknologi dan pendidikan saling berhubungan. Dan ketiganya berkembang seiring waktu.
A410120181
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi muncul setelah adanya perpaduan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi pada pertengahan abad-20. Teknologi semakin berkembang dari masa ke masa, berawal dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell, berkembang menjadi jaringan komunikasi dengan kabel, kemudian terwujud transmisi suara dan audio-visual tanpa kabel, berlanjut ke tahapan miniaturisasi komponen elektronik dan saat ini tercipta telepon seluler.
ReplyDeletePun juga pandangan mengenai Teknologi Pendidikan yang mengalami perkembangan. Teknologi Pendidikan dianggap sebagai media, proses ataupun cara untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan membuat pembelajaran lebih efektif, selain itu Teknologi Pendidikan merupakan sarana pengendali proses belajar, dimana guru bukanlah satu-satunya sumber belajar.
(A 410120146)
Sejarah TIK bermula dari ditemukanya telepon oleh Alexander Graham Bell,kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika.Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Kemudian berkembang menjadi audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi ,setelah itu tercipta transistor ,serta rangkaian terpadu lalu menjadi mikroprosesor (otak perangkat keras komputer). Dan sampai saat ini TIK masih terus berkembang guna memenuhi kebutuhan manusia yang tidak pernah puas.
ReplyDeleteTeknologi Pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengealuasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Pada awal mulanya, TIK dipandang sebagai media kemudian berlanjut sebagai suatu proses. Sebelum definisi baru muncul, teknologi pendidikan dipandang sebagai proses kompleks yang terintegerasi. Definisi teknologi pendidikan :
Tahun 1920 teknologi pendidikan dipandang sebagi media.
Tahun 1960 dan 1970 teknologi pendidikan dipandang sebagai proses.
Tahun 1977 teknologi pendidikan dipandang sebagai proses yang kompleks.
Tahun 1994 teknologi intruksional adalah praktek dalam mendesain dan mengelola proses maupun sumber belajar.
Kedua kelompok saling melengkapi dalam memaparkan pendapatnya. Kemudian dapat disimpulkan bahwa perkembangan TIK mempunyai sejarah yang amat panjang serta masih akan terus berkembang baik di bidang sains maupun pendidikan. Dan hendaknya kita sebagai pengguna teknologi haruslah cermat dalam menggunakanya,agar di masa mendatang teknologi tidak akan menjadi bumerang bagi kita.
A410120241
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu rangkaian yang tidak terpisahkan karena mencakup tentang pengelolaan dan transfer pemindahan informasi antara media. TIK berkembang sangat pesat diiringi dengan perkembangan peradaban manusia, dimasa prasejarah terdapat gambar dan benda-benda peninggalan di dinding-dinding gua, kemudian pengenalan tulisan dan kemampuan membentuk bunyi sehingga menjadi tonggak sejarah dalam peradaban. Kemudian diperkenalkannya hasil dari perkembangan Teknologi dan Informasi yang salah satunya dikenal dengan nama Internet.
ReplyDeleteDalam pendidikan, TIK memiliki pengaruh besar karena teknologi membantu proses pembelaran, misalnya penggunaan media pembelajaran baik berupa gambar, tampilan, maupun film yang bermanfaat untuk menciptakan kondisi belajar optimal. Teknologi pendidikan adalah teori dalam pengembangan, pemanfaatan, pegelolaan dan sumber untuk belajar. Kesimpulan dari hasil diskusi, perkembangan teknologi, pendidikan, dan sains saling menunjang dan berpengaruh untuk kepentingan bersama antara lain sebagai sumber informasi tercepat dan memudahkan pekerjaan. Teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan pendidikan apabila digunakan secara bijak serta menjadi sumber informasi untuk masyarakat.
(A410120131)
Menurut saya:
ReplyDeleteTIK adalah media atau teknologi yang dapat digunakan untuk memperoleh, mengolah, membagikan, menyampaikan data atau informasi serta mampu digunakan untuk berkomunikasi satu arah maupun dua arah.
A410120238
Teknologi Pendidikan adalah media atau teknologi yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar, dengan tujuan agar proses belajar lebih efektif dan efisien.
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan informasi, serta alat bantu untuk mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Sejarah perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) itu sendiri sudah berlangsung sejak lama. Dimulai dari temuan telepon (1875), kemudian berkembang dan terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM (1910-1920),diikuti transmisi audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi (1940-an),penemuan transistor (1947), dan rangkaian terpadu (1957), hingga pada puncaknya melahirkan microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer. Dan masih akan terus berkembang sesuai perkembangan jaman.
ReplyDeleteTeknologi pendidikan pada awalnya dipandang sebagai media, yang kemudian mulai dipandang sebagai proses. Teknologi pendidikan merupakan cara sistematis untuk merancang, menerapkan, dan mengevaluasi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga teknologi bermanfaat bagi pendidikan.
Pendapat dari kedua kelompok sudah saling melengkapi, membahas tentang sejarah TIK yang dimulai dari banyaknya penemuan-penemuan serta dibahas juga hubungan antara TIK, sains, dan pendidikan.
(A410120171)
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan informasi, serta alat bantu untuk mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya. Sejarah perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) itu sendiri sudah berlangsung sejak lama. Dimulai dari temuan telepon (1875), kemudian berkembang dan terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM (1910-1920),diikuti transmisi audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi (1940-an),penemuan transistor (1947), dan rangkaian terpadu (1957), hingga pada puncaknya melahirkan microprosesor yang menjadi otak perangkat keras komputer. Dan masih akan terus berkembang sesuai perkembangan jaman.
ReplyDeleteTeknologi pendidikan pada awalnya dipandang sebagai media, yang kemudian mulai dipandang sebagai proses. Teknologi pendidikan merupakan cara sistematis untuk merancang, menerapkan, dan mengevaluasi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga teknologi bermanfaat bagi pendidikan.
Pendapat dari kedua kelompok sudah saling melengkapi, membahas tentang sejarah TIK yang dimulai dari banyaknya penemuan-penemuan serta dibahas juga hubungan antara TIK, sains, dan pendidikan.
(A410120171)
Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimulai dari kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial, yaitu manusia hidup saling membutuhkan dan berkomunikasi merupakan kebutuhan yang utama. Oleh karenanya, manusia menciptakan alat-alat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi, seperti lukisan di dinding gua, isyarat menggunakan asap atau bunyi, penulisan huruf, pengiriman surat, hingga munculnya telepon dan internet.
ReplyDeleteSejarah perkembangan TIK dimulai pada tahun 1875, yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell. Memasuki abad ke-20 terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM, kemudian diikuti oleh transmisi audio-visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi, terus berkembang sampai adanya komponen elektronik melalui penemuan transistor dan rangkaian terpadu. Perkembangan teknologi elektronika inilah yang menjadi cikal bakal TIK saat ini, yang pada puncaknya menghasilkan perangkat keras komputer yang terus berevolusi sampai saat ini.
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Teknologi Pendidikan dipandang sebagai media, sebagai proses, sebagai desain pembelajaran dan penggunaan media sebagai pengendalian proses belajar. Kemudian definisi baru menyatakan peran media untuk tujuan pendidikan dan penggunaan prosedur desain pembelajaran yang sistematis.
A410120168
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSaya tertarik dengan artikel yang ada di website anda mengenai ” Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi ” . dan jngn lupa kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
ReplyDeleteTerimakasih sangat berguna bagi saya dan jangan lupa kunjungi website kami www.atmaluhur.ac.id
ReplyDeletedan blog saya 2809satnight.blogspot.com