Home » , » Perbaikan Kerusakan Laptop

Perbaikan Kerusakan Laptop

Perbaikan Kerusakan Laptop: Perbaiki Sendiri atau ke Service Center?

Laptop adalah piranti penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan modern masa kini. Laptop memiliki banyak peran dalam meringankan pekerjaan manusia. Ibarat tubuh dan otak manusia, laptop juga memerlukan perawatan khusus yang menjauhkannya dari segala jenis kerusakan. Namun, bila laptop sudah terlanjur rusak, apa yang harus Anda lakukan? Sebelum Anda buru-buru mendatangi tukang servis laptop, alangkah baiknya jika Anda mengetahui jenis kerusakan yang dialami oleh laptop Anda. Siapa tahu, Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah yang tentu saja akan lebih menghemat biaya.


perbaikan-kerusakan-laptop


Jenis Kerusakan Umum pada Laptop
Berikut ini ada beberapa jenis kerusakan umum pada laptop yang penting untuk Anda ketahui. Kerusakan umum pertama yang seringkali terjadi pada laptop segala jenis adalah kerusakan LCD atau layar. Ciri-cirinya adalah keluar garis-garis vertikal yang mengganggu, layar tidak mampu menampilkan gambar, dan muncul beberapa spot hitam. Kerusakan umum kedua adalah kerusakan pada keyboard. Ciri-ciri bila terjadi kerusakan pada keyboard adalah beberapa tuts mati atau tidak berfungsi, muncul bunyi beep yang panjang saat laptop dinyalakan, selain itu laptop juga sering re-start dengan sendirinya setelah booting. Selain kerusakan-kerusakan tersebut, masih ada beberapa kerusakan lain. Kerusakan umum ketiga dan keempat adalah jenis kerusakan umum yang dapat dikategorikan parah dan membutuhkan jasa servis laptop untuk memperbaikinya. Kerusakan umum yang ketiga adalah kerusakan harddisk. Kerusakan pada harddisk biasanya memiliki ciri-ciri munculnya bunyi beep atau bunyi-bunyi tidak normal selama proses booting dan laptop kerapkali re-start dengan sendirinya. Jenis kerusakan umum pada laptop yang selanjutnya adalah kerusakan pada motherboard. Kerusakan yang satu ini cukup parah karena mengakibatkan baterai tidak dapat di-charge dan laptop mati total.

Bagaimana Memperbaiki Kerusakan Laptop Ringan
Kerusakan laptop pada LCD dan keyboard adalah jenis kerusakan yang dapat dikategorikan ringan. Kerusakan jenis ini dapat ditangani oleh Anda sendiri dirumah. Jika laptop Anda mengalami kerusakan pada LCD, jangan buru-buru mendatangi tukang servis laptop. Anda bisa memperbaikinya sendiri. Caranya adalah dengan mematikan laptop Anda dan melepas baterainya. Kemudian tekan tombol power off selama beberapa detik. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop Anda dan nyalakan dengan cara biasanya. Bila tidak terjadi kerusakan pada harddisk maka LCD laptop Anda akan kembali normal. Sebaliknya, jika terjadi kerusakan pada keyboard yang harus Anda lakukan adalah membongkar keyboard laptop Anda dengan hati-hati. Kemudian bersihkan keyboard Anda dengan menggunakan vacuum cleaner khusus keyboard. Setelah selesai, pasang kembali keyboard laptop Anda seperti semula.

Perlu Anda ketahui ada berbagai macam kerusakan yang mungkin dapat menimpa laptop yang Anda gunakan sehari-hari. Melakukan perawatan dan memperlakukan laptop Anda dengan sewajarnya adalah cara terbaik untuk mencegah segala jenis kerusakan baik ringan maupun berat. Bila kerusakan sudah kelewat berat, sangat disarankan Anda untuk membawa laptop Anda ke tempat servis laptop atau service center sesuai dengan merk laptop Anda masing-masing.
Sumber
--
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS