Home » » Perbandingan Laptop, Netbook dan Tablet

Perbandingan Laptop, Netbook dan Tablet

Piranti digital pengganti komputer baru-baru ini menjadi semakin beragam, baik bentuk, jenis, maupun ukuran serta fungsi spesifiknya. Laptop, netbook, dan tablet adalah tiga jenis piranti digital pengganti komputer yang sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini. Selain lebih mudah dibawa kemana-mana ketiga piranti digital pengganti komputer tersebut juga memiliki performa yang dapat dikatakan lebih baik dan lebih modern dibandingkan dengan komputer desktop. Meskipun ketiganya memiliki fungsi yang serupa, namun ada beberapa perbedaan yang mendasar antara netbook, tablet, dan laptop. Apa saja faktor yang membedakan ketiga piranti digital tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Laptop


laptop
Laptop adalah komputer portable pengganti komputer desktop yang muncul pertama kali pada tahun 1980-an dengan bentuk flip. Laptop pada awalnya hanya dikhususkan untuk NASA dan militer di negara-negara maju. Laptop disebut sebagai komputer portable karena laptop dapat dibawa kemana-mana meskipun memiliki ukuran fisik dan layar yang cukup lebar, hampir seperti ukuran layar komputer desktop. Laptop biasanya didesain dengan bentuk compact flip atau memiliki dua sisi yang dapat dibuka atau ditutup (dikatupkan).

Laptop dilengkapi dengan keyboard fisik yang hampir serupa dengan keyboard fisik yang dimiliki oleh komputer desktop. Layar atau LCD pada laptop adalah yang paling lebar dibandingkan dengan piranti digital pengganti komputer yang lain. Layar dari laptop berkisar antara 12 inci hingga 17 inci. Selain memiliki layar yang paling lebar, laptop juga dilengkapi dengan prosesor kelas atas dan CD-Rom. Yang dimaksud dengan prosesor kelas atas adalah prosesor yang memiliki performa paling gesit. Diantara laptop, netbook, dan tablet, RAM dan Storage Space pada laptop jauh lebih besar.

Netbook

netbook
Netbook adalah nama untuk sebuah piranti digital yang diambil dari Internet dan Notebook. Sesuai dengan akar dari namanya, fungsi netbook lebih dikhususkan pada penggunaan ringan dan lebih mengarah ke urusan yang berkaitan dengan penggunaan internet seperti browsing. Namun, berbeda dengan laptop, kemampuan netbook sedikit lebih rendah. Menurut sejarah, netbook pertama kali muncul di tahun 2007, jauh lebih muda dibandingkan dengan laptop dan tablet. Netbook biasanya dilengkapi dengan prosesor bertenaga rendah seperti Intel Atom, AMD Geode, dan Via Eden C-7.

Selain menggunakan prosesor bertenaga rendah yang kurang kompatibel untuk membuka game atau situs yang membutuhkan tenaga tinggi, netbook juga memiliki port USB dan port kabel yang terbatas meskipun dapat digunakan untuk mendukung koneksi LAN dan card reader. Sama halnya dengan laptop, netbook juga dilengkapi dengan piranti WiFi otomatis. Bentuk dan ukuran dari netbook sedikit lebih kecil daripada laptop. Layar netbook biasanya hanya berkisar antara 7 inci hingga 11 inci saja.

Tablet

tablet
Tablet adalah piranti digital pengganti komputer yang merupakan perpaduan antara komputer dengan smart phone. Tablet adalah jenis piranti digital yang paling awal muncul dibandingkan dengan laptop dan netbook. Tablet sudah muncul pada tahun 1968 dan dipromosikan lewat beberapa film terkenal. Tablet biasanya berukuran kecil bila dibandingkan dengan laptop dan netbook. Layar yang disematkan pada tablet biasanya hanya seukuran 7 inci ke bawah. Berbeda dengan laptop atau netbook, tablet menggunakan layar touchscreen yang dapat diakses dengan sentuhan jari maupun stylus. Tablet dapat dijadikan sebagai komputer portable maupun smart phone.

Laptop, netbook, dan tablet adalah tiga jenis piranti digital pengganti komputer yang muncul pada generasi yang berbeda-beda. Ketiga piranti digital tersebut didukung dengan teknologi terkini yang jauh lebih gesit dibandingkan dengan komputer desktop. Selain itu, ketiga piranti tersebut juga dilengkapi dengan perangkat internet seperti WiFi.
Sumber
--
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS