Home » , » Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju akhir-akhir ini, kini laptop bukan lagi hanya dijadikan sebagai alat atau perangkat untuk mengetik, mengolah data, maupun untuk menyimpan berbagai data dan layanan digital. Laptop pun kini dapat dijadikan sebagai alat atau device baru untuk ber-internet ria. Ya, laptop kini bisa disulap menjadi piranti hotspot untuk para pengguna Wi-Fi seperti layaknya hotspot yang ada di lingkungan kantor, pusat perbelanjaan, maupun restoran. Anda ingin mengetahui bagaimanya menyulap laptop sebagai hotspot? Simak cara-caranya berikut ini!


menjadikan laptop sebagai hotspot

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot dengan Modem USB

Anda dapat menjadikan laptop pribadi Anda sebagai hotspot dengan bantuan modem USB. Caranya adalah dengan mengkoneksikan laptop Anda pada modem USB yang Anda miliki. Setelah terkoneksi, Anda dapat membuka koneksi WiFi hotspot dengan meng-klik ikon Connection yang terletak di kanan bawah layar laptop Anda. Kemudian pilih menu Open Network & Sharing Center. Setelah itu Anda diwajibkan memilih Set Up a New Connection or Network. Kemudian pilih menu Set Up a Wireless ad Hoc (computer to computer) Network. Kemudian klik Next dan isikan data-data yang menjadi prasyarat utama. Adapun jenis data yang wajib Anda isi adalah Network Name, Security Type, dan Security Key atau password. Setelah Anda selesai mengisi data, Anda dapat langsung meng-klik menu Save This Network. WiFi hotspot Anda sudah bisa digunakan sekarang.

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot tanpa Router
Selain dengan menggunakan modem USB, Anda juga dapat menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa menggunakan perangkat atau router apapun. Menjadikan laptop sebagai WiFi hotspot tanpa router dirasa lebih praktis apalagi jika Anda tidak mau repot-repot menyisihkan uang Anda untuk membeli perangkat router atau modem. Cara menjadikan laptop sebagai WiFi hotspot tanpa router cukup mudah. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi WiFi Hotspot Creator. Pertama-tama yang wajib Anda lakukan adalah menghubungkan laptop Anda dengan internet. Kemudian download aplikasi WiFi Hotspot Creator sebesar 1,5 megabyte. Setelah terunduh secara sempurna, instal aplikasi tersebut. Kemudian nyalakan perangkat WiFi di laptop Anda. Secara otomatis Anda akan menjumpai halaman instalasi dari aplikasi WiFi Hotspot Creator. Ada beberapa data yang wajib Anda isi di halaman tersebut seperti nama WiFi pribadi Anda, password, Network Card, dan Max. Guest atau jumlah pengguna WiFi maksimum. Kemudian setelah semua data terisi dengan lengkap, klik Start dan Anda sudah bisa menikmati WiFi Hotspot secara gratis dan mudah tanpa harus menggunakan router.

Menjadikan laptop sebagai hotspot dapat memudahkan Anda untuk menikmati jaringan internet dengan lebih eksklusif. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjadikan laptop Anda sebagai hotspot baik dengan atau tanpa modem dan piranti router. Salah satunya adalah laptop Anda wajib memiliki minimum 512MB RAM. Selain itu, laptop Anda wajib bekerja pada Windows7 keatas dengan Pentium diatas 4.

Sumber
--
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS